Minggu, 02 Februari 2014

Pengalaman di Halliburton dan Premier Oil

Kali ini saya akan menceritakan mengenai pengalaman pertama saya ketika masuk ke dunia kerja. 

1. HALLIBURTON 

Kerja di tempat ini emang AMAZING banget, buat kamu yang suka berpetualang kerja disini paling cocok, pergi kemana-mana pake GARUDA bisa keliling seluruh indonesia bahkan dunia, dan yang penting GRATISSSSSS alias dibiayai perusahaan untuk masuk ke perusahaan ini kamu bakalan menghadapi beberapa jenis tes, yang pertama itu tes psikotes, inget dalam bahasa inggris semua ya, matematika, fisika kemampuan logika pokoknya banyak banget soalnya sementara waktu yang disediakan terbatas banget jadi ngga boleh mikir lama-lama. Habis itu nunggu beberapa hari buat nunggu pengumuman, yang namanya tes kerja ngga ada batas waktu kapan pengumuman, suka suka HRD nya aja, bikin galau, padahal pas ikut tes juga status masih mahasiswa alias belum lulus :D tapi tetep aja galau, maklum perusahaan OIL and GAS idaman semua orang bisa kerja disini. 2 minggu kemudian alhamdulillah tes pertama lolos, dapet telpon dari jakarta diinterview by phone sama HRD ditanya ini itu lalu kembali dipanggil ke jakarta untuk interview dengan USERnya langsung, heran juga saya ko interview nya langsung user. katanya sih mumpung usernya ada di jakarta. saya interviewnya 2 kali hari pertama itu interview dengan manajer SPERRY DRILLING bagian lab ditanya technical dikit, sisanya cuman basa basi ngga jelas, ternyata tidak seseram yang dibayangkan, terus di telpon lagi supaya besoknya datang buat interview dengan manajer SEISMIC, cape deh bolak balik bandung-jakarta. tapi it's oke lah demi OIL and GAS apapun dijabanin :) Nah kalau interview sama manajer ini agak ribet, dikasih soal musti dikerjain, lumayan susah karena udah lama ngga belajar hahaha, basic fisika banget untung masih rada-rada inget, terus di ending nya ditanya deh.
manajer   : kamu mau pilih sperry driling atau di seismic ?? 
saya     : saya ingin disini pak,kerjaannya lebih keren di lapangan pula, aku banget lah pak ( sebenarnya pengen di sperry drilling cuman di lab sih ngga seruuuu ) 
manajer   : kerja dilapangan itu berat loh, cuman ya namanya lapangan ya duitnya lebih gede 
saya         : nyengir aja klo denger duit gede, hehe SIAP PAK 

penugasan pertama langsung di kirim ke Duri, RIAU. Bukan main kerennya

 2. PREMIER OIL

Tepatnya bulan April 2013 saya meninggalkan Halliburton, ahh sungguh disayangkan, kerjaan di hallibuton emang keren banget tapi capeeeeeeeeeeeeeeee banget T.T Jadi ceritanya begini pemirsa, karena kerjaan cape banget meski gaji oke akhirnya mulai berfikir untuk pindah ke perusahaan yang lain, biasa pengennya kerjaan yang oke gaji oke tapi ngga cape hahahahaha. Korupsi kali ya ?? haha ya ngga lah tetep kejujuran harus dijungjung tinggi, akhirnya pas lagi di surabaya buat job di Pertamina PHE iseng-iseng liat di JPAC POlban, nih buat kamu yang nyari kerja JPAC Polban recomend banget deh http://jpac.polban.ac.id/ sambil iseng-iseng nyari eh dapet deh ada perusahaan asing inggris namanya PREMIER OIL, apaan tuh ya kayanya kurang terkenal banget. liat-liat profil perusahaannya kayanya oke juga nih. Akhirnya dapat panggilan juga, untung aja pas banget sama waktu libur jadi ngga perlu susah-susah minta ijin ke atasan soalnya status masih karyawan Halliburton Tesnya lumayan juga tapi ngga sesusah masuk Halliburton lebih gampang klo yang ini, menurut saya loh ya :D Alhamdulillah lolos juga akhirnya ku ucapkan sayonara Halliburton :D. Di Premier Oil ini lebih enak lagi, pertama dikirim ke cepu buat pelatihan tentang dasar-dasar perminyakan, jadi sebenarnya buat kamu yang ngga punya basic di perminyakan juga bisa, kerena pada akhirnya jika kamu lolos akan di sekolahkan biasanya, yang penting itu kemampuan bahasa inggris yang bagus sama siap bersaing aja. Soalnya nih ya yang daftar itu ratusan orang dan yang diterima itu cuman 10 orang dan dari 10 orang yang dikirim untuk pelatihan hanya 7 orang yang bisa lolos, kompetisi masih berlangsung disini, kejam memang tapi begitulah aturan mainnya, "you take it or leave it". Nah tepatnya 13 Januari 2014 akhirnya setelah OJT (On the Job Training) selama 9 bulan (akhir april-desember 2013) Tepatnya tanggal 13 Januari 2014 akhirnya saya resmi menjadi karyawan Premier Oil. Alhamdulillah senangnyaaaaa semoga di tempat baru ini manjadi langkah baruku dalam menggapai mimpi.
Nah barangkali segitu dulu ya yang bisa saya share mengenai pengalaman saya di dunia kerja, semoga bermanfaat :D

16 komentar:

  1. wah mantap gan..
    agan lulusan mana ? :)

    BalasHapus
  2. mas sy bisa pkl ga di premier oil??su jurusan drilling

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setau saya di premier oil untuk program pkl belum ada
      Biasanya sih perusahaan pertamina, total, schlumberger suka ada pkl
      Dulu teman teman saya juga ada yang pkl di perusahaan tsb
      Hanya melalui seleksi ketat 😊

      Hapus
  3. Asik banget mas pengalaman sampeyan heheh

    BalasHapus
  4. Mas, boleh minta kontak nya? Mau nanya soal Premier Oil karna saya lagi ikut seleksi untuk jadi Apprentice di sini. Kl boleh bisa email ke saya di raharyani@gmail.com ya kak. Makasih banyak sebelumnya

    BalasHapus
  5. Majang fotonya Om Endi dah ijin belum ama Beliaunya ?

    BalasHapus
  6. Assalamu'alaikum mas Andi, keren banget pengalamannya... mas Andi alumni polban jurusan apa mas? saya juga alumni polban :D dan ada rencana untuk apply ke Premier Oil juga. filiaoctavia2@gmail.com, itu email saya mas, kalau lagi freetime boleh sharing2 ya mas. Thanks, wassalamu'alaikum.

    BalasHapus
  7. Mas bisa share gaji HR dihalliburton ga ya? Yg dicilandak...mungkin dulu ada bocoran2... Bisa bales kesini y mas.
    Imamsantosa86@yahoo.com

    Makasih mas

    BalasHapus
  8. mas andi dulu di polbannya ngambil jurusan apa? d3 atau d4?

    BalasHapus
  9. assalammualaikum mas, sy dpt panggilan tes jg dr premier oil, tp tesnya di bali trus wajib pake travelnya dia, menurut mas gmna ya? apa itu asli ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo maaf mau nanya wakru tes di bali ikut gak?

      Hapus
  10. Iya mau nanya saya juga tes di bali dan pake rravel dari dia. Asli ga sih :((

    BalasHapus
  11. saya anak polban, saya ga nyangka kalo jpac polban sebermanfaat itu makasih loh

    BalasHapus